Dakwah Muslim Modern

Dakwah Muslim Modern

Di zaman yang serba modern ini, perkembangan dunia teknologi terutama online begitu maju pesat. Termasuk juga dalam perkembangan budaya yang ada di dunia. Budaya di dunia kini semuanya mengikuti arus globalisasi yang berlangsung tiada henti dan akan terus terjadi perubahan budaya yang begitu pesat. Di tengah perkembangan zaman ini, perubahan akhlak yang ada di umat manusia begitu mengkhawatirkan. Ini karena, budaya orang barat yang tidak sesuai dengan syariah, dan budaya – budaya agama lain yang bercampur menjadi satu dalam arus globalisasi. Untuk itu, kita sebagai umat Muslim harus membentengi diri kita dan keluarga beserta orang – orang yang terdekat dengan kita agar budaya – budaya yang kurang sesuai dengan budaya Islami bisa terhindar dan kita tidak terjerumus kedalamnya.

Untuk itulah dibutuhkan sebuah dakwah, atau menyebarluaskan pelajaran tentang agama Islam. Melalui dakwah ini, diharapkan ilmu pengetahuan tentang Islam tidak hanya dikuasai oleh para pemuka agama Muslim, tetapi juga seluruh orang yang memeluk agama Muslim di dunia. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada sekarang, maka kita akan lebih mudah lagi karena dibantu untuk berdakwah. Berikut ini kita jabarkan sedikit tentang bagaimana cara dakwah Islam di tengah zaman modern.

  1. Melalui media sosial

Muslim Social Media

Memang, zaman sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial adalah salah satu dunia maya yang paling sering dikunjungi oleh milyaran orang di seluruh dunia. Setiap harinya, satu orang menghabiskan waktunya hampir semuanya hanya untuk meluangkan waktu mengunjungi sosial media. Walau hanya sebentar, tetapi selalu dan pasti membuka sosial media.

Dengan adanya fakta ini, maka kita dapat memanfaatkannya untuk hal kebaikan yaitu untuk dakwah. Yah, benar kita bisa berdakwah melalui media sosial. Kita bisa buat sebuah status singkat tentang sebuah saran disertai dalil yang mendukung. Atau sebuah link yang nantinya mengarah ke sebuah blog yang berisi pengetahuan tentang Islam. Bisa juga melalui sebuah video dan penjelasan sebuah masalah yang sering dihadapi sekarang ini disertai cara mengatasinya berlandaskan Islam. Dan masih banyak lagi cara berdakwah melalui media sosial.

 

  1. Melalui komunitas

Community Muslim

Komunitas sekarang ini juga sering diminati semua orang. Baik kalangan muda, sampai tua. Nah, kita bisa manfaatkan untuk diselingi berdakwah singkat yah membahas satu bab singkat saja. Jangan lupa disertai dalil dalam Al Quran atau Hadits. Seperti membahas masalah remaja yang sering pakai narkoba dan disandingkan dengan ajaran sang Rasullullah SAW, dan topik – topik lainnya yang bisa didiskusikan melalui sebuah komunitas.

 

  1. Melalui kegiatan di lingkungan tempat tinggal

Budaya Islam benteng dari pengaruh negatif

Melalui kegiatan di lingkungan tempat tinggal, seperti kegiatan karang taruna sehingga bisa diadakan sebuah acara bakti sosial, kegiatan dakwah anak muda disertai mentor – mentor muda yang sudah mahir. Kultum, belajar Al Quran selepas maghrib sampai isya’. Begitu juga dengan ibu – ibu dan bapak – bapak. Seperti yasinan keliling, sholawat, dan kegiatan positif lainnya.

 

  1. Melalui media massa

Muslim di mata media

Media massa juga sekarang ini adalah salah satu sumber terpercaya dan banyak dilihat oleh semua orang setiap harinya. Dengan memanfaatkan sebuah media massa, maka pengaruhnya sangat besar sekali dalam sebuah dakwah. Seperti yang kita lihat di televisi mulai dari pagi, siang, sore dan malam ada acara dakwah dari salah seorang Da’i terkenal yang ilmunya juga tinggi tentang Islam, acara ensiklopedia Islam, diskusi Islam, dan acara kartun atau sinetron Islami yang tentu sangat berdampak sekali bagi umat Islam yang menontonnya.

Selain itu, media massa tidak hanya televisi, juga ada radio yang bisa kita isi dengan dakwah di radio, di koran, majalah, dan lainnya.

 

  1. Melalui kegiatan dakwah akbar

Selain itu, ada satu cara lagi yang sangat efektif dalam berdakwah kepada umat Islam di seluruh dunia. Yaitu melalui sebuah pengajian, atau dakwah akbar di suatu tempat. Sebenarnya dakwah akbar oleh seorang ulama adalah cara tradisional yang dilakukan mulai dari zaman Islam pertama ada. Namun, sampai sekarang ini juga cara ini masih efektif. Misalnya saja ada sebuah pengajian atau dakwah Islami di suatu tempat yang umumnya di masjid besar, atau lapangan berdurasi sekitar satu sampai dua jam, tentang suatu topik saja. Umumnya, dilakukan sekali seminggu, atau beberapa kali dalam sebulan.

 

Nah, itulah beberapa cara dakwah mengenai syari’ah atau semua aturan dalam agama yang lurus, Islam. Dengan memanfaatkan berbagai cara diatas, semoga umat Islam tidak lagi terbutakan akan sedikitnya ilmu yang mereka miliki. Cara – cara diatas hanyalah secuplik dari sekian banyak cara untuk berdakwah tentang Islam. Jika mungkin ada pendapat – pendapat lain mengenai cara berdakwah, bisa dibagikan melalui komentar dibawah artikel ini. Dengan semakin banyak berbagi, maka semoga saja amalan kita dihitung sebagai ibadah. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.